Asli bukan karya saya! Saya ambil gambar ini dari web-nya 'komunitas terbesar Indonesia' (tau kan ya...). Di posting disana. Kalau keterangan gambarnya seperti tertera di pojok kanan bawah. Posted at www.ellf.ru, sempat coba-coba jalan-jalan ke sana, banyak foto & gambar bagus tapi rada berbau 17thn ke atas...hehehe...

Tapi saya bukan mau cerita soal itu. Saya kagum lihat hasilnya, mula-mula malah nggak percaya itu sketsa pensil. Hebat skill sketsa pensilnya!
Tapi...kata seorang teman, sekarang sih sudah nggak jaman modal skill doang! Skill tanpa kreatifitas ya mati...begitu katanya... Bener juga sih, hasilnya ya seperti seniman jalanan. Skillnya sudah pasti tidak diragukan. Pernah lihat kan karya-karya seniman jalanan (street artist) kan? Bagus banget. Kalau di Bandung biasanya mangkal di jalan Braga, nggak tau sekarang masih ada atau nggak. Atau seniman yang biasanya suka menawarkan jasa lukis wajah. Bagus-bagus kan karyanya. Tapi penghargaannya ya di jalanan.

Nah...kalau kreatif saja tanpa modal skill...bisa nggak sih?

Ngomong-ngomong soal kreatif, kota tempat saya berdomisili sekarang ini, yang ngakunya 'parisj van java', diakui banyak kalangan kota penuh kreatifitas mulai dari kuliner-nya sampai clothing (distro). Betul kan saudara-saudara.... Bandung euy!

Begitulah, bukan bermaksud merendahkan salah satu profesi tapi hanya sekedar obrolan menjelang makan siang (dasar orang kantoran!)...hehehe...